Jumat, 09 September 2011

Lapisan Atmosfer Bumi



Lapisan Atmosfir

Gambar (1) Lapisan Atmosfir

Gambar (2) Macam-macam Lapisan Atmosfer

Sebelum memahami  secara lebih jelas tentang lapisan-lapisan atmosfer bumi, alangkah lebih baik lagi jika kita mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian atmosfer. Apa itu atmosfer?
Atmosfer berasal dari dua kata Yunani, yaitu atmos yang berarti uap dan sphaira yang berarti bulatan. Jadi atmosfer dapat diartikan sebagai lapisan gas yang menyelubungi bulatan bumi (Bayong Tjasyono, 2004). Atau dengan kata lain, atmosfer bumi adalah lapisan udara yang mengelilingi atau menyelubungi bumi yang bersama-sama dengan bumi melakukan rotasi dan berevolusi mengelilingi matahari. Atmosfer berguna untuk melindungi makhluk hidup yang  ada di muka bumi karena membantu menjaga stabilitas suhu udara siang dan malam, menyerap radiasi dan sinar ultraviolet yang sangat berbahaya bagi manusia dan makhluk bumi lainnya. Atmosfer Bumi terdiri atas nitrogen (78.17%) dan oksigen (20.97%), dengan sedikit argon (0.9%), karbondioksida (variabel, tetapi sekitar 0.0357%), uap air, dan gas lainnya. Ilmu yang mempelajari tentang atmosfir ini adalah ilmu meteorologi (Anonim, 2011).
Nah, setelah kita  mengetahui sedikit tentang atmosfer, sekarang kita beralih untuk lebih memahami tentang lapisan-lapisan yang menyelimuti bumi. Lantas apa sajakah lapisan-lapisan yang menyelimuti bumi itu?
Lapisan atmosfir bumi berdasarkan perbedaan suhu arah vertikal :
1.   Troposfer
Gambar (3) Lapisan Troposfer

Lapisan ini berada pada level yang terendah, campuran gasnya paling ideal untuk menopang kehidupan di bumi. Dalam lapisan ini kehidupan terlindung dari sengatan radiasi yang dipancarkan oleh benda-benda langit lain. Dibandingkan dengan lapisan atmosfer yang lain, lapisan ini adalah yang paling tipis (kurang lebih 15 kilometer dari permukaan tanah). Dalam lapisan ini, hampir semua jenis cuaca, perubahan suhu yang mendadak, angin tekanan dan kelembaban yang kita rasakan sehari-hari berlangsung (Bayong Tjasyono, 2004). Suhu udara pada permukaan air laut sekitar 27 0C, dan semakin naik ke atas, suhu semakin turun. Dan setiap kenaikan 100m suhu berkurang 0,61 0C. Penurunan suhu ini disebabkan karena sangat sedikitnya troposfer yang menyerap radiasi gelombang pendek dari matahari, sebaliknya permukaan tanah memberikan panas pada lapisan troposfer yang terletak di atasnya. Pertukaran panas banyak terjadi pada troposfer bawah, karena itu suhu turun dengan bertambahnya ketinggian mulai dari permukaan tanah (Ardian Rahmawan, 2009).
Di antara stratosfer dan troposfer terdapat lapisan yang disebut lapisan Tropopause, yang membatasi lapisan troposfer dengan stratosfer.
 
2.   Stratosfer
Gambar (4) Lapisan Stratosfer

Di atas troposfer ada stratosfer, yang meninggi sekitar 50 kilometer. Herannya, suhu disini tidak terus turun, tapi naik. Ini mengapa dia dipandang sebagai lapisan baru di atmosfer. Sebelumnya kalau kamu naik dari permukaan bumi, suhu akan terus turun, dan tiba pada suhu tertentu, suhunya naik. Titik dimana suhu berbalik itulah perbatasan antara troposfer dan stratosfer. Pada lapisan ini angin yang sangat kencang terjadi dengan pola aliran yang tertentu. Disini juga tempat terbangnya pesawat. Awan tinggi jenis cirrus kadang-kadang terjadi di lapisan paling bawah, namun tidak ada pola cuaca yang signifikan yang terjadi pada lapisan ini. Dari bagian tengah stratosfer keatas, pola suhunya berubah menjadi semakin bertambah semakin naik, karena bertambahnya lapisan dengan konsentrasi ozon yang bertambah. Ozon menjadi hangat karena radiasi gelombang pendek dari matahari. Lapisan ozon ini menyerap radiasi sinar ultra violet (Ardian Rahmawan, 2009).
Lapisan stratopause memisahkan stratosfer dengan lapisan berikutnya.

3.   Mesosfer
Gambar (5) Lapisan Mesosfer

Mesosfer terletak di atas stratosfer pada ketinggian 60-85 km. Temperatur di lapisan ini mula-mula naik, tetapi kemudian turun dan mencapai -72 oC di ketinggian 85 km. Penurunan suhu di lapisan ini adalah setiap naik 100 m temperatur turun 0,4 oC dikarenakan lapisan mesosfer mempunyai keseimbangan radiasi yang negative (Bayong Tjasyono, 2004). Di lapisan ini sebagian meteorid terbakar, di lapisan ini juga terdapat Radiosonde . Batas yang menandakan berakhirnya lapisan ini adalah mesopause. Mesopause adalah lapisan di dalam atmosfer yang mempunyai suhu paling rendah, kira-kira 100 0C (Ardian Rahmawan, 2009).

4.      Termosfer
Gambar (6) Lapisan Termosfer

Transisi dari mesosfer ke termosfer dimulai pada ketinggian sekitar 85 km. Dinamai termosfer karena terjadi kenaikan temperatur yang cukup tinggi pada lapisan ini yaitu sekitar 1982oC. Perubahan ini terjadi karena serapan radiasi sinar ultra violet. Radiasi ini menyebabkan reaksi kimia sehingga membentuk lapisan bermuatan listrik yang dikenal dengan nama ionosfer, yang dapat memantulkan gelombang radio. Sebelum munculnya era satelit, lapisan ini berguna untuk membantu memancarkan gelombang radio jarak jauh. Lapisan ionosfir ini juga merupakan lapisan pelindung Bumi dari batu meteor yang berasal dari luar angkasa karena ditarik oleh gravitasi bumi, dilapisan ionosfir ini batu meteor terbakar dan terurai, jika sangat besar dan tidak habis dilapisan udara ionosfir ini maka akan jatuh sampai kepermukaan Bumi yang disebut Meteorit. Fenomena aurora yang dikenal juga dengan cahaya utara atau cahaya selatan terjadi disini (Ardian Rahmawan, 2009).
Ionosfer dibagi menjadi 3 lapisan yaitu:
a.  Lapisan Udara Terletak antara 80 – 150 km dengan rata-rata 100 km dpl. Lapisan ini tempat terjadinya proses ionisasi tertinggi. Lapisan ini dinamakan juga lapisan udara KENNELY dan HEAVISIDE dan mempunyai sifat memantulkan gelombang radio. Suu udara di sini berkisar – 70° C sampai +50° C (Anonim, 2011).
b. Lapisan udara F Terletak antara 150 – 400 km. Lapisan ini dinamakan juga lapisan udara APPLETON (Anonim, 2011).
c.   Lapisan udara atom Pada lapisan ini, materi-materi berada dalam bentuk atom. Letaknya lapisan ini antara 400 – 800 km. Lapisan ini menerima panas langsung dari matahari, dan diduga suhunya mencapai 1200° C (Anonim, 2011).
Bagian atas lapisan atmosfer dibatasi oleh termopause.
5. Eksosfer

Gambar (7) Lapisan Eksosfer

Eksosfer adalah lapsan bumi yang terletak paling luar. Lebih tinggi lagi, di atas termosfer, ada eksosfer. Tidak ada batas yang jelas setelah termosfer, udara menjadi semakin tipis dan tipis hingga pada akhirnya hampa sepenuhnya dari udara. Daerah inilah eksosfer, daerah transisi antara langit dan antariksa (Ardian Rahmawan, 2009).

Itulah sekilas mengenai lapisan-lapisan atmosfer bumi. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu.

Referensi :
Tjasyono, bayong.2004.Klimatologi Edisi ke-2 oleh Bayong Tjasyono.Bandung.Penerbit ITB.
Anonim.2011.Atmosfer.http://id.wikipedia.org/wiki/Atmosfer. [diakses tanggal 24 Agustus 2011]
Anonim.2011.Macam-macam lapisan atmosfer.http://lintaszonabaca.blogspot.com/2011/04/macam-macam-lapisan-atmosfer.html. [diakses tanggal 24 Agustus 2011]
Anonim.2010.Beberapa lapisan atmosfer.http://www.faktailmiah.com/2010/09/05/ada-berapa-lapisan-atmosfer.html. [diakses tanggal 24 Agustus 2011]
Admin, 2008.Cuaca Sifat Atmosfer.http://www.ilmuterbang.com/artikel-mainmenu-29/teori-penerbangan-mainmenu-68/26-private-pilot/92-cuaca-sifat-atmosfir. [diakses tanggal 09 September 2011].
Ramawan, ardian.2009.Lapisan-lapisan Atmosfer Bumi.http://www.ardianrisqi.com/2009/12/lapisan-lapisan-atmosfer.html. [diakses tanggal 09 September 2011].

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar